8. Hp Anda Terkena Virus Trojan, ini Solusinya

Hapus Virus Android - Bicara soal virus pada smartphone Anda tentu tidak ada bedanya dengan virus yang terdapat pada komputer. pada smartphone atau ponsel itu sendiri virus terdiri dari beberapa jenis, yaitu : Virus worm, dan Trojan horse.

Virus worm

Hp Anda Terkena Virus Trojan, ini Solusinya
Apakah Anda memiliki komputer atau laptop ? Jika jawabannya ia maka coba Anda ingat, kapan terakhir kali komputer atau laptop Anda terkena virus. dan virus apa yang menyebabkannya ? jika jawaban Anda adalah virus cacing, maka tepat yang dimaksud dari Virus Worm ini, adalah virus yang bersarang pada komputer, dan seiring berkembangnya zaman saat ini virus worm juga dapat menyerang sistem pada smartphone Android. 

Hal ini disebabkan, karena biasanya pengguna Android sering melakukan chatting, sering menghubungkannya ke LAN, dan juga Bluetooth. kegiatan seperti ini sangat rentan untuk masuknya virus worm pada perangkat Android Anda. 

Untuk mengatasi Hp Android Anda dari virus worm, tentu ada cara yang perlu Anda lakukan, yaitu dengan cara:
1. Uninstal program yang menurut Anda tidak penting dan memang bukan bawaan dari Pabrik
2. Kembalikan Pengaturan Hp kamu ke pengaturan pabrik, Jangan Lupa lakukan BackUp.
3. Jika Cara ke 1, dan 2 Anda takut lakukan, Anda bisa membawanya ke tukang service Hp atau gerai resmi dimana Anda membeli Hp Android Anda.

Virus Trojan

Hp Anda Terkena Virus Trojan, ini Solusinya
Virus Trojan Horse adalah suatu program jahat yang berpura-pura ramah. Trojan dapat merusak program pada ponsel. Trojan tidak dapat menduplikasi dirinya seperti worm.

Salah satu jenis dari Trojan adalah Skulls dengan nama lengkap SymbOS.skulls. Nama lain dari virus ini adalah SKULLS.A. Skulls akan mengganti sistem di dalam ponsel dan menyebabkan ikon menu utama berubah menjadi gambar tengkorak. Tidak hanya gambar yang diubah, Skulls juga akan melumpuhkan aplikasi yang ikonnya tadi diubah. Jadi pada saat kita memencet ikon dari aplikasi tersebut, maka akan muncul pesan sistem eror. Terdapat tiga jenis skulls yaitu Skulls A, Skulls C, dan Skulls H. Cara mencegahvirus ini adalah dengan menolak menginstall aplikasi ini dan selalu menutup koneksi Bluetooth saat tidak dibutuhkan.

Souce : Wikipedia.

Langkah Mencegah Smartphone Terkena Virus

  • Matikan Bluetooth
  • Matikan Infrared (jika tidak ada maka abaikan karena infrared hanya ada pada hp-hp jadul,umumnya)
  • Non-aktifkan Wi-Fi (Biar pun ada free wifi disekitar Anda, siapa tahu jaringan wifi tersebut terdapat virus yang membahayakan, mending matiin aja wifinya pakai data koneksi sendiri lebih safety.
  • Cable Data ( kalau gak penting penting banget mending hindari untuk melakukan pengisian data langsung menggunakan cabel data ke handphone Anda.gunakan card reader bila memang penting untuk dipindahkan ke handphone.)
8. Hp Anda Terkena Virus Trojan, ini Solusinya | SSHAGAN | 5